Manfaat Ikan Layar Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Layar Untuk Kesehatan
=====================================





Ikan Layur seolah-olah jadi ikon dari masyarakat pesisir pantai. Ikan ini memiliki ciri khas tubuhnya yang panjang dan ramping. Jenis ikan pelagis ini bisa tumbuh hingga panjang 2 meter. Namun yang biasanya di buat obat seperti Obat Titan Gel dan diperjualbelikan rata-rata tidak sampai 1 meter. Di Jepang, Layur sangat terkenal dihidangkan menjadi Sashimi, olahan ikan mentah.

Tahukah anda bahwa ikan Layur yang pada awal tahun ini menembus harga Rp50.000 per ekor ini, ternyata memiliki manfaat banyak sekali untuk kesehatan. Berikut akan kami sajikan uraian datanya.




1. Menambah Kadar Hemoglobin (HB)

Hemoglobin adalah protein yang terdapat di dalam sel darah merah (eritrosit), fungsinya untuk mengikat oksigen dalam darah, untuk kemudian dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Penyakit kekurangan hemoglobin (HB) amat berbahaya karena bisa memicu kelelahan dan sesak nafas berat. Bayangkan bila anda menekan tangan anda sangat kencang dalam waktu lama, pasti lama-lama tangan anda pucat karena tiadanya oksigen yang mengalir. Sama saja bila tubuh kekurangan HB, sudah pasti pucat dan butuh transfusi HB segera. Beberapa makanan dapat meningkatkan kadar HB, salah satunya ikan laut, seperti Ikan Layur.
2. Mencegah Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun, di mana sistem imun yang harus melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit dan infeksi, justru malah menyerang tubuh kita yang sehat. Kegagalan tubuh dalam mengidentifikasi sel sehat dan sel rusak ini memiliki ciri khas berupa ruam-ruam di tubuh, terutama wajah. Para penderita Lupus bakal punya ruam merah di dekat hidung dan pipinya yang bentuknya seperti kupu-kupu. Makan Ikan Layur dapat mencegah Lupus karena ikan baik sangat baik dalam memperbaiki sistem imun.
3. Mengobati Pengapuran Pembuluh Darah (Aterosklerosis)

Penyakit Pengapuran Pembuluh Darah atau Aterosklerosis dianggap sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit lainnya. Aterosklerosis disebabkan karena rongga pembuluh darah mengalami penumpukan zat-zat bahaya seperti asam urat dan kolesterol. Di mana penumpukan ini menyebabkan darah susah mengalir dengan semestinya. Penyakit ini dapat dicegah dengen Ikan Layur, sebab ikan ini menawarkan asam lemak tak jenuh yang bisa menggusur timbunan plak di pembuluh darah.
4. Merangsang Kemunculan Hormon Serotonin

Serotonin adalah hormon yang berfungsi sebagai neurotransmitter untuk mengatur suasana hati. Hormon ini keluar dari kelenjar pineal yang letaknya di tengah-tengah otak. Keluarnya hormon ini dari tubuh bisa membuat seseorang menjadi bahagia dan ceria. Ikan Layur juga bisa menambah kadar Serotonin karena rasa ikan ini gurih dan enak sekali.
5. Sebagaimana Ikan-Ikan Lain, Layur Bisa Mengobati Radang

Inflamasi atau peradangan terjadi karena banyak hal, biasanya karena ketegangan pada syaraf-syaraf. Radang bisa menyebabkan nyeri dan demam berkepanjangan. Seseorang biasanya meminum obat inflamasi non steroid untuk mengatasinya, namun sayangnya penggunaan obat ini dalam jangka panjang sangatlah buruk, bisa menyebabkan kerusakan hati dan lambung. Maka dari itu, sebaiknya anda mulai memikirkan cara lain dalam mengobati radang, seperti: makan ikan layur.
6. Mencegah Gingivitis

Gingivitis juga masih menjadi bagian dari peradangan. Gingivitis menyerang gusi, di mana gusi menjadi bengkak karena infeksi di saluran akar gigi. Lama-lama gusi menjadi berwarna merah kehitaman, bahkan sampai bernanah. Lambat laun bila dibiarkan, Gingivitis bisa membuat gusi turun. Sehingga gigi tidak lagi berada di posisi semulanya alias tanggal. Anda tidak mau ompong di usia muda, kan? Maka dari itu, cegahlah Gingivitas dengan Ikan Layur.
7. Mencegah Hipotensi

Manfaat Ikan Layur selanjutnya ternyata bisa mencegah Hipotensi. Tekanan darah rendah yang dipicu karena dehidrasi, kurang gizi, maupun stres bisa kita sembuhkan dengan Ikan Layur, apalagi ini jenis ikan laut yang tinggi kadar garamnya.
8. Mencegah Gondok

Gondok adalah penyakit pembengkakan kelenjar tiroid karena tubuh kekurangan yodium. Anda pasti sudah tahu kalau yodium amat melimpah terkandung dalam satwa laut, seperti: ikan Layur.
9. Mencegah Penyakit Anoreksia

Anoreksia masih menjadi perdebatan, apakah ini gangguan kepribadian atau murni penyakit medis. Gejalanya adalah seseorang enggan makan dan sama sekali tidak merasa lapar, padahal tubuhnya sudah sangat kurus. Bila dibiarkan, penyakit ini bisa mematikan. Bila ada kerabat anda yang sakit Anoreksia, silahkan anjurkan konsumsi Ikan Layur.
10. Membersihkan Saluran Cerna

Saluran Pencernaan sebaiknya sesering mungkin dibersihkan dengan makanan kaya serat. Supaya anda lancar BAB dan sehat. Serat Ikan Layur juga baik untuk bersihkan saluran cerna dari kotoran makanan dan dari asam lambung yang berlebih.


Komentar